Jumat, 25 Desember 2015

ETIKA DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM FACEBOOK

Etika dan Strategi Pemasaran di Facebook

Kehadiaran Facebook membawa perubahan besar untuk gaya hidup masyarakat dunia terutama kalangan orang muda yang akrab dengan internet atau dunia maya.

Facebook gemilang mengibarkan bendera peringatan bahwa era jejaring sosial telah dimulai. Terjadilah perubahan dalam banyak aspek, misalnya pola pikir, cara berkomunikasi, bisnis, pemasaran dan banyak lagi. Saat ini banyak pembisnis yang menggunakan Facebook sebagai alat pemasaran. Tapi tidak lantas semuanya berhasil dan cemerlang.

Faktanya untuk sukses dalam Facebook marketing, dibutuhkan pengetahuan di atas pengguna biasa. Agar efektif, promosi di Facebook juga harus kreatif. Salah satu faktor sederhananya adalah menguasai etika dan strategi pemasaran di Facebook. Berikut adalah beberapa etika dan strategi penting dalam pemasaran di Facebook

1. Hormati privasi

Setiap orang punya area pribadi yang tidak ingin dicampuri oleh orang lain. Facebook sangat memahami itu, bahkan sangat mungkin salah satu sebab ia digandrungi orang setengah penduduk bumi adalah karena menerapkan kebebasan mengatur privasi kepada setiap penggunanya sesuai kebutuhan masing-masing.

Berkaitan dengan marketing, siapa orang yang nyaman dengan gangguan? Iklan tidak akan berhasil ketika memaksa. Jangan beriklan di kronologi orang tanpa aturan. Jangan terlalu sering men tag atau menandai apapun kepada orang lain. (SAYA ULANGI: JANGAN TERLALU SERING MEN-TAG ATAU MENANDAI APAPUN KEPADA ORANG LAIN). Tidak semua orang suka dilibatkan secara tiba-tiba. Percayalah ada cara lain berpromosi yang lebih ramah dan ampuh.

2. Tepat Market

Faktanya tidak semua orang membutuhkan produk Anda. Dan Anda harus tahu bahwa menjual kepada orang yang memiliki minat dan kepentingan terhadap produk Anda selalu jauh lebih mudah dibandingkan merayu dan menyadarkan orang bahwa mereka suatu saat akan membutukan produk Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh menawarkan produk Anda kepada orang di luar prospek yang sudah ada. Tapi porsinya yang harus Anda bedakan. Demi efektifnya proses marketing yang Anda lakukan, misalnya Anda memilih berpromosi di grup, maka pilihlah grup yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.

3. Ramah Bahasa

Bersikaplah profesional, gunakan kalimat iklan yang menunjukan bahwa produk Anda berkelas dan pantas mereka beli. Kalimat iklan yang buruk bisa memberi kesan bahwa produk Anda murahan dan diproduksi oleh pihak yang amatir. Yang perlu Anda perhatikan dalam kalimat iklan adalah menjaga kesantunan agar aman masuk segala kalangan. Jangan sisipkan unsur kebencian, menjelek-jelekan pihak lain, melakukan provokasi, amoral, kata-kata kasar, mengancam dan sebagainya. Bukan produk yang laku, justru sebaliknya iklan Anda akan menuai masalah, karena banyak pihak yang merasa terganggu dan dirugikan.

4. Menarik

Dalam Facebook marketing, untuk menarik perhatian, kekuatan gambar cendrung lebih baik dibandingkan kata-kata. Karena manusia adalah makhluk seni yang idealnya lebih menyukai keindahan, buatlah gambar yang bukan sekedar gambar biasa. Kalau perlu investasikan sedikit uang Anda untuk membayar seorang ahli dalam membuat banner-banner menarik. Iklan Anda akan tampil profesional dan membuat orang merasa tidak perlu menghapus pertemanan dengan Anda. Mereka dengan sukarela akan menikmati iklan Anda. Tentu ini fakta baik untuk bisnis Anda ke depan. Selamat mempraktekan.

5. Porsi dan segmentasi

Pentingnya segmentasi (pengelompokan) adalah untuk menentukan porsi atau takaran yang tepat dalam berpromosi kepada tiap-tiap orang. Anda tidak mungkin menyamakan kalimat penawaran atau jumlah iklan yang harus Anda kirim antara kepada orang yang baru Anda add dan kepada orang yang sudah sejak lama menggandrungi produk Anda. Solusinya misalnya Anda membuat grup rahasia yang anggotanya khusus terdiri dari konsumen tetap, Anda juga bisa membuat grup lain yang berisi prospek Anda. Dengan pengelompokan yang jelas, maka iklan Anda akan jauh lebih efektif. Penjualan akan lebih banyak terjadi dan bisnis berjalan lancar.

2 komentar:

  1. Semoga ini bermanfaat bagi teman2 sekalian. Klw ada yang mengganjal tentang blog ini boleh ajukan kritik atau saran. Karna kami baru mempelajari dan harus banyak di ajari oleh.teman2 yang lebih bisa/ahli dalam bidangnya

    BalasHapus
  2. mudah2 di tampilkan tentang etka dalam pemasaran d blog ini, teman2 bisa belajar bagaimana cara etika yg baik dlm pemasaran

    BalasHapus